Wednesday, October 13, 2010

HARI RAYA SETIAP HARI


Kawan..
Hari raya atau hari yang orang kita biasa menyebutnya dengan lebaran identik dengan hari bahagia, hari suka cita, hari dimana semua umat yang merayakannya mengiringinya dengan senyuman, kata2 manis, saling bertegur sapa mengucapkan selamat, makan enak, saling berkunjung dan bersuka ria. Intinya hari raya adalah hari kebahagiaan. Karena itu pula lah di hari raya idul fitri kita diwajibkan membayar zakat fitrah agar bisa dipastikan tak ada umat islam yang tidak makan, dan di hari raya idul adha disunnahkan berkurban agar umat islam bisa makan daging kurban pada hari tersebut.
Itulah hari raya dalam pengertian kita, lalu cobalah baca makna hari raya dalam pengertian yang berbeda
Sayyidina Ali RA tatkala membahas tentang hari tersebut beliau berkata :

“Hari raya adalah hari dimana engkau tak berbuat dosa didalamnya“
Seseorang bertanya kepada seorang ulama soleh ketika penanggalan Syawwal berbeda-beda di suatu tahun :
 "Menurutmu kapan jatuhnya hari raya?
Beliau menunduk lantas menjawab gundah :
“Hari raya adalah hari dimana engkau bertemu Tuhanmu dan Dia menemuimu dengan penuh keridhoan ..“
Sayyidah Aisyah RA ketika suatu kali melakukan sesuatu yang membuat Nabi Muhammad SAW suaminya senang, Nabi mendoakannya dengan berkata :
“Ya Allah.. ampunilah Aisyah segala dosa-dosanya yang tampak ataupun yang tersembunyi, yang dia tahu ataupun yang tidak, yang lalu ataupun yang akan datang..
Kebahagiaan tampak di wajah Aisyah yang segera merona merah, ia lalu berkata :
 “Ini adalah hari raya untukku ya Rosulallah..

Maka dari pengertian mereka
Hari raya bukanlah sekedar hari suka cita, ia bukan sekedar saat memakai pakaian baru menjadi sunnah, bukan sekedar hari saling bersilaturrahmi antar family, bukan hanya hari dimana makanan aneka rupa terhidang di meja makan kita..
Hari raya sejatinya adalah hari bahagia, hari kita mendapat karunia, hari kita melakukan sesuatu yang berharga, hari kita membahagiakan orang yang kita cinta, hari tanpa dosa, hari dimana Allah memandang kita dengan pandangan cinta, dan hari dimana Rosulullah menengadahkan tangan dan berdoa untuk masuknya nama kita dalam kelompoknya kelak disana..
Kawan..
Selamat berhari raya setiap hari

1 comment: